Welcome

Saturday 8 March 2014

Zone dalam kuroko no Basuke


Zone


Tipe: istilah (states)
Pengguna: Daiki Aomine, Taiga Kagami, Atsushi Murasakibara

Zone adalah  istilah yang mengacu pada keadaan pemain ketika mereka mencapai potensi maksimal mereka. Ini adalah superlatif reguler konsentrasi dan fokus. Kondisi untuk memasuki keadaan ini bervariasi dari setiap orang.  Salah satu persyaratan mendasar untuk memasuki keadaan ini juga cukup ekstrim, yaitu suka dan bersemangat terhadap permainan (maksudnya suka banget ). Istilah ini sering digunakan tidak hanya di dalam permainan basket yang ada di kehidupan nyata,tapi di olahraga lain juga ketika sesorang bermain sangat baik  selama permainan itu. Selama ini, hanya Kagami, Aomine dan Murasakibara yang bisa memasuki keadaan ini.

*Pengguna
Zone Aomine

Ketika Aomine menemukan lawan yang layak, ia akan mencapai potensi penuh. Karena pengaruh itu, ia memasuki “zone” , yang bearti bahwa tidak ada seorang pun yang bisa mengehentikannya kecuali ia berada di “zone” juga.
Hanya yang terbaik dari pemain elit yang bisa memasuki keadaan “zone” ini, tapi Aomine dapat membuka gerbangnya dengan mudah (Ep 42). Ketika seseorang membuka gerbang zone, berarti ia membuka pintu gerbang untuk potensi penuhnya. Pada Zonenya Aomine, kecepatannya meningkat 2  kali lipat, kekuatannya meningkat drastis. Kemampuannya untuk mencetak angka dari mana saja meningkat dan skillnya luar biasa.
Karena kemenangan Aomine di masa lampau,  ia tidak pernah tertekan seperti saat melawan Seirin, terlebih Kagami.  Dia mulai menikmati bermain melawan musuh yang layak baginya untuk pertama kalinya dalam beberapa waktu dan perasaan kenikmatan dan kegembiraan telah membuka gerbang Zone baginya.
Perbedaan antara zone Aomine dengan Zone Murasakibara dan Kagami adalah mereka berdua (Kagami, Murasakibara) memasuki zone tanpa sengaja sedangkan Aomine tanpaknya memasuki zone dengan kehendaknya sendiri.

Zone Kagami

Ketika Kagami berada di zone, refleksnya, kecepatan dan kekuatan melompatnya bertambah kuat. Kagami mengakses zone untuk pertama kalinya pada saat ia tertekan akan kalah melawan Touou dan ingin melindungi semuanya dari ace Generasi Keajaiban, Aomine.
Dalam pertandingan melawan Yosen di Piala Musim Dingin,  Kagami mengaktifkan Zone untuk kedua kalinya. Kali ini, dia mampu menembak 3-point tanpa takut tidak masuk. Melewati segala rintangan, Kagami tidak mengkhususkan pada menembak dari jarak jauh. Sementara di Zone dalam pertandingan ini, Kagami juga mampu menaklukkan Murasakibara yang hebat dalam kekuatan dan membuat Mirage shoot Himuro tidak berguna.
Sebelum final Piala Musim Dingin, Aomine juga memberitahu kepada Kagami bahwa kondisinya untuk memasuki Zone adalah  dalam keadaan putus asa, semangat bertempur untuk timnya, Seirin. Kagami  mengingat dan melakukan perkataan itu, kemudian mampu mengaktifkan Zone tepat di awal pertandingan.
Tercatat juga, bahwa Kagami hanya dapat melakukan Meteor Jam pada saat ia berada di Zone. Hal ini dikarenakan Meteor Jam membutuhkan jumlah tenaga yang ekstrim dalam melompat untuk memasukan bola kedalam ring.

Zone Murasakibara

Menurut Aomine dan Kise, dalam hal kemampuan, Murasakibara memenuhi persyaratan untuk memasuki Zone tapi sayangnya, ia tidak akan pernah bisa karena ia dianggap tidak memiliki isyarat yang paling mendasar yang dibutuhkan: suka basket. Namun, asumsi itu terbukti salah ketika Murasakibara memasuki Zone. Di ambang keputus asaan dan kelelahan melawan Seirin di perempat final Piala Musim Dingin, apalagi Kagami sudah di Zone, Murasakibara membuka gerbang Zone. Kekuatannya tumbuh pesat,  kekuatannya dan kecepatan menjadi lebih besar dari sebelumnya. Hal ini terbukti ketika Kagami di Zone, masih membutuhkan bantuan Kiyoshi  untuk memblokir Thor Hammernya Murasakibara. Namun, ini tidak banyak ditunjukkan, karena Murasakibara sudah kelelahan dan Meteor Jam Kagami sudah mengakhiri pertandingan.
Sesudah pertandingan, Murasakibara berkata akan berhenti bermain basket, tapi seteah itu, ia menangis, yang menandakan bahwa ia menyukai dan memiliki gairah yang berapi-api dalam bermain basket, bertentangan dengan yang diyakini sebelumnya, yang tidak memungkinkan ia untuk memasuki Zone


http://knbfansindo.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment